Search

DIANGGAP KECIL PADAHAL MEMILIKI PERAN YANG CUKUP BESAR

IMG_20230317_141404

Dianggap Kecil tapi memiliki Peran yang Cukup Besar

Desa Jati – RT-RW memiliki peran yang cukup sentral dalam menunjang kemajuan suatu daerah karena semuanya bermula dari RT dan RW, tapi tidak sedikit orang yang menganggap rendah bahkan mengubah akronim RT menjadi “Riweuh Terus” (ruwet terus,red) RW “Riweuh Wae” (ruwet selamanya,red).

RT-RW memiliki tugas dan fungsi yaitu:

  • Melaksanakan pendataan kependudukan dan pelayanan administrasi pemerintah lainnya.
  • Melaksanakan pemeliharaan keamanan. …
  • Menghimpun gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat.

Untuk itu RT-RW disuatu desa atau kelurahan tidak boleh kosong seperti hari ini Jum’at 17/03/2023 di RW. 08 RW desa jati kecamatan tarogong kaler kabupaten garut dilaksanakan pemilihan RW secara demokrati dengan cara didatangi ke setiap tumah waraga oleh panitia.

Kepala Desa Jati Drs. H. Agus Salim dalam Sambutannya mengatakan “Dengan terpilihnya saudara Dasep sebagai ketua RW yang baru bisa lebih amanah, memiliki gagasan yang lebih baik untuk kemajuan masyarakat dan lingkungannya”.

Ano Wirno Selaku Ketua BPD Desa Jati menekankan “RW harus bisa bekerjasama  dengan RTnya begitu juga dengan Desa, lakukan terus komunikasi dan konsolidasi lintas sector”.

Sedangkan Bhabin Khantibmas Desa Jati Bripka Gun Gun Gunawan menyampaikan “Mohon para ketua RT dan RW bisa berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat terlebih sekarang ini menjelang bulan suci Ramadhan dimana tidak sedikit masyarakat hususnya anak-anak yang bermain petasan, kembang apai dan sebangsanya agar dapat dicegah mengingat sudah banyak kejadian yang tidak diharapkan akibat petasan”. (By. Marnos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Desa

LINK TERKAIT

Logo Prov Jawa Barat
PEMPROV JABAR
Kabupaten Garut
PEMKAB GARUT
Kabupaten Garut
DUKCAPIL GARUT
Kabupaten Garut
LAYANAN SIJATI
Kabupaten Garut
WEBSITE DESA JATI