Search

BIMTEK SIDEGA SONGSONG DIGITALISASI DESA

1

Bimtek Sidega

Desa Jati-Hari ini Kamis 22/6/2023 Desa Jati laksanakan BIMTEK SIDEGA (bimbingan Teknik Sistem Informasi Desa Garut) yang bertempat di aula desa jati, bimtek ini diikuti oleh seluruh perangkat desa, RT.RW, Kader, LPM, BPD dan MUI Desa Jati dihadiri juga oleh pendamping desa serta Sekmat kecamatan Tarogong Kaler.

Seperti kita ketahui bersama saat ini perkembangan Iptek begitu cepat dan hususnya perangkat desa harus mampu mengimbanginya karena disadari atau tidak kita semua sedang didiging ke era digital pun begitu dengan desa.

Kepala Desa Jati Drs. H. Agus Salim dalam sambutannya mengatakan “Desa Jati sedang menuju desa digital ini sesuai dengan amanat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menekankan, program digitalisasi desa harus disegerakan berjalan”.

“Apa yang di upayakan di desa jati ini tiada lain untuk mempermudah pelayanan masyarakat, kedepan dengan perkembangan iptek semua kebutuhan masyarakan cukup diakses dirumah masing-masing masyarakat tidak perlu repot harus datang ke kantor desa, untuk itu semua perangkat desa harus bisa mempersiapkan diri, tanpa bisa mempersiapkan diri kita akan tertinggal dengan sendirinya” Inbuhnya.

Sekmat Kecamatan Tarogong Kaler Berharap “aplikasi ini harus bisa dipergunakan dengan baik juga tentunya kita harus rajin update data jangan sampai sudah bertahun tahun data tidak pernah berubah, jadi sebagus apapun aplikasi tidak ada artinya kalau tidak dikelola dengan baik”.

Banyak harapan juga usulan dari peserta bimtek diantaranya desa ini mau jadi basis data karena yang tau kondisi sesungguhnya dilapangan adalah desa jangan sampai terjadi ketidak sinkronan data terjadi contoh program bantuan orangnya sudah meninggal bantuannya trus turun atau data Dukcapil dengan Dinsos tidak sama. (By Marnos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Desa

LINK TERKAIT

Logo Prov Jawa Barat
PEMPROV JABAR
Kabupaten Garut
PEMKAB GARUT
Kabupaten Garut
DUKCAPIL GARUT
Kabupaten Garut
LAYANAN SIJATI
Kabupaten Garut
WEBSITE DESA JATI