Search

DESA WISATA JATI JADI TUJUAN STUY TIRU

2

Desa Wisata Jati Jadi Tujuan Studi Tiru

Desa Jati-Desa Jati adalah salah satu desa di Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut Jawa Barat yang sedang giat giatnya terus menggali potensi desa yang unik dan menarik sehingga dapat dijual dan dinikmati oleh semua masyarakat.

Desa Wisata Jati memiliki brand “Kampung Wisata Ikan” karena salah satu potensi yang ada di desa jati adalah ikan, untuk mewujudkan desa jati menjadi kampung wisata ikan kepala Desa Jati Drs. H. Agus Salim mengandeng berbagai pihak salah satunya melibatkan akademisi.

Dalam hal ini desa jati menggandeng UNIGA hususnya Prodi Pariwisata agar desa jati bisa mewujudkan cita citanya juga bisa terus tumbuh dan berkembang dengan mempertahankan nilai nilai kedesaannya.

Hari ini Selasa 19/12/2023 Tim Prodi Pariwisata UNIGA mengadakan seminar terbatas dengan melibatkan para petani ikan yang tergabung didalam berbagai kelompok tani ikan yang ada di desa jati dengan menghadirkan tiga pemateri, yang bertema “Pengembangan Potensi Desa Wisata Berbasis Masyarakat di Desa Wisata Jati”.

Tampil sebagai pemateri pertama Dani (panggilan akrab) menekankan “untuk pengembangan desa wisata harus memiliki strategi, strategi yang dipakai salah satunya adalah Strategi BAS”.

“B adalah Branding seperti Kampung Wisata Ikan Desa Jati orang akan langsun terbayang suasana kampung dengan berbagai ikannya., yang kedua Advertising, pemasaran tentunya menampilkan berbagai kelebihan yang ada., yang ke tiga Selling, teknik menjual bagai mana caranya orang yang tadinya tidak berminat menjadi minat” imbuhnya.

Tampil sebagai pemateri kedua Steni Damayanti memaparkan “Tren wisata saat ini pelaku wisata akan melihat dulu revew dari tempat wisata tersebut, karena untuk wisatawan sekarang tidak hanya menikmati keindahan alam, ramainya suasana, bersenang senang atau mengisi waktu luang tapi apasih hasil atau manfa’at setelah pulang dari tempat yang sudah di kunjungi”.

Sebagai pemateri terakhir Gaida (panggilan akrab) menyampaikan “Penentuan target pasar untuk desa jati berdasarkan hasil analisis saya cenderung ke kelas pelajar karena sangat banyak pelajaran yang bisa diambil seperti bagaimana cara memijahkan ikan”.

“Disamping kelebihan yang begitu melimpah didesa jati tentunya ada kekurangannya ini yang mesti dilakukan bersama seperti kebersihan karena disolokan yang dilalui masih ada sampah juga sanitasi yang belum memenuhi standar kesehatan ini bisa diatasi kalau masyarakat jati mau bekerjasama dan samabekerja” imbuhnya. (By marnos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Media Desa

LINK TERKAIT

Logo Prov Jawa Barat
PEMPROV JABAR
Kabupaten Garut
PEMKAB GARUT
Kabupaten Garut
DUKCAPIL GARUT
Kabupaten Garut
LAYANAN SIJATI
Kabupaten Garut
WEBSITE DESA JATI